Pelaksanaan LKS
Kimia Terapan SMK Kab. Bandung :
Hari/Tanggal :
Selasa/ 26 Nopember 2013
Tempat : SMK Merdeka Soreang Jl.
Citaliktik Sindangwargi Soreang Telp. 022 - 5896147
Pukul : 08.00 wib
s/d selesai
Bentuk Soal : A. Pilihan Ganda 50 butir soal
: B. Praktikum
Technical Meeting : Sabtu 23 Nopember 2013 di SMK
Merdeka Soreang, pukul : 09.00 wib s/d selesai
Bagi
yang belum mendaftar bisa langsung mendaftar dan mengisi biodata peserta serta
pembimbing pada saat Technical Meeting.
KISI-KISI LKS KIMIA TERAPAN KAB.BANDUNG 2013/2014
|
NO
|
MATERI
|
KOMPOSISI SOAL
|
KEMAMPUAN YANG
DIUJI
|
INDICATOR SOAL
|
||
|
1
|
Stoikiometri
|
15%
|
Pemahaman tentang konsep mol dan stoikiometri
|
1.
Peserta
didik dapat menghitung mol suatu unsur, molekul atau senyawa
berdasarkan data berat, data AR, unsure-unsur penyusun suatu senyawa.
2.
Peserta
didik dapat melakukan perhitungan stoikiometri dalam suatu reaksi kimia
sederhana.
|
||
|
2
|
Senyawa karbon
dan tata namanya
|
15%
|
1. Penggolongan senyawa hidrokarbon.
2. Tatanama alkana, alkena, dan
alkuna.
3. Sifat fisis dan sifat kimia
alkana, alkena, dan alkuna.
4. Keberadaan dan kegunaan alkana,
alkena, alkuna
|
1. Peserta didik dapat meng golongkan senyawa
hidrokarbon.
2. Peserta didik dapat mem beri nama pada senyawa yang
diberikan.
3.
Peserta didik dapat menyebutkan kegunaan senyawa
hidrokarbon
|
||
|
3
|
Reaksi redoks
|
7.5%
|
Pemahaman tentang konsep oksidasi, reduksi dan
persamaan reaksi redoks.
|
Peserta didik dapat menyelesaikan persamaan reaksi
kimia redoks berdasarkan
data perubahan bilangan oksidasi dan ada tidaknya electron yang terlibat
|
||
|
4
|
Kimia unsur
|
5%
|
1.
Sifat keperiodikan unsur dalam tabel system periodic.
2.
Golongan dan perioda.
3.
Kegunaan unsur-unsur
dalam kehidupan sehari-hari.
|
1.
Peserta didik dapat menyebutkan beberapa sifat
keperiodikan unsur dari sistem periodik.
2.
Peserta didik dapat menyebutkan golongan dan atau perioda
unsur yang diberikan.
3.
Peserta didik dapat menyebutkan beberapa kegunaan
unsur dalam kehidupan sehari-hari
|
||
|
5
|
Asam basa
|
7.5%
|
Konsep asam
basa menurut beberapa teori.
|
Peserta didik
dapat mengindentifikasika asam basa
suatu larutan dengan menentukan sifat larutan.
|
||
|
6
|
pH larutan
|
15%
|
Perhitungan pH
larutan dan yang hal-hal yang berhubungan dengan pH larutan.
|
Peserta didik
dapat menghitung pH larutan dan
menyelesaikan soal-soal lainnya yang berhubungan dengan pH berbagai macam 5%larutan.
|
||
|
7
|
Kecepatan reaksi
|
5%
|
1.
Laju
reaksi dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.
2.
Orde dan kecepatan reaksi.
|
1.
Diberikan
gambar atau data yang berkaitan dengan
laju reaksi, Peserta didik dapat menentukan faktor-faktor yang
mempe-ngaruhi laju reaksi .
2.
Diberikan
data hasil percobaan laju reaksi ,
Peserta didik dapat menghitung orde reaksi
dan persamaan laju reaksi.
|
||
|
8
|
Kesetimbangan
kimia
|
5%
|
1.
Faktor-faktor yang mem pengaruhi pergeseran
ke-setimbangan reaksi.
2.
Menentukan
hubungan kuantitatif antara pereaksi
dan hasil reaksi dari suatu reaksi kesetimbangan.
|
1.
Peserta didik dapat menentukan arah reaksi kesetimbangan
berdasarakan data konsentrasi, suhu, tekanan dan wujud materi.
2.
Peserta didik dapat menjalaskan
factor-faktor yang mem pengaruhi kese-timbangan
|
||
|
9
|
Konfigurasi
elektron
|
10%
|
Konfigurasi
atom menurut model K,L,M,N dan menurut model s,p,d,f,
|
Peserta didik
dapat menentukan konfigurasi electron dari suatu unsur.
|
||
|
10
|
Elektrolisis
dan sel volta
|
5%
|
Menghitung sel
volta, menghitung hasil reaksi redoks dari suatu sel elktrolisis dan hokum
Faraday
|
1. Peserta didik dapat menghitung potensial suatu sel
elektrolisis atau volta.
2. Dapat menuliskan reaksi redoks dari suatu sel volta
atau elektrolisis.
3. Dapat menggunakan Hukum Faraday.
|
||
|
11
|
Analisis
secara volumetri
|
5%
|
Menentukan konsentrasi/kadar suatu unsur/ senyawa-senyawa secara volumetri
|
Peserta didik dapat menentukan kadar senyawa
berdasarkan data
persamaan reaksi, berat zar, AR, volume, dan konsentrasi larutan
|
||
|
12
|
Analisis
secara gravimetri
|
5%
|
Menentukan kadar suatu unsur/ senyawa-senyawa gravimetric.
|
Peserta didik dapat menentukan kadar senyawa
berdasarkan data
persamaan reaksi, berat zar, dan AR,
|