Pelaksanaan LKS Kimia Terapan SMK Kab. Bandung :
Hari/Tanggal     : Selasa/ 26 Nopember  2013
Tempat               : SMK Merdeka Soreang Jl. Citaliktik Sindangwargi Soreang Telp. 022 - 5896147
Pukul                  : 08.00 wib  s/d selesai
Bentuk Soal       :  A. Pilihan Ganda 50 butir soal
                           :  B. Praktikum
Technical Meeting : Sabtu 23 Nopember 2013 di SMK Merdeka Soreang, pukul : 09.00 wib s/d selesai

Bagi yang belum mendaftar bisa langsung mendaftar dan mengisi biodata peserta serta pembimbing pada saat Technical Meeting.

KISI-KISI LKS KIMIA TERAPAN KAB.BANDUNG 2013/2014

NO

MATERI
KOMPOSISI SOAL
KEMAMPUAN YANG DIUJI
INDICATOR SOAL
1
Stoikiometri
15%
Pemahaman tentang  konsep mol dan stoikiometri
1.       Peserta didik dapat menghitung mol suatu unsur, molekul atau senyawa berdasarkan data berat, data AR, unsure-unsur penyusun suatu senyawa.
2.       Peserta didik dapat melakukan perhitungan stoikiometri dalam suatu reaksi kimia sederhana.
2
Senyawa karbon dan tata namanya
15%
1.       Penggolongan senyawa hidrokarbon.
2.       Tatanama alkana, alkena, dan alkuna.
3.       Sifat fisis dan sifat kimia alkana, alkena, dan alkuna.
4.       Keberadaan dan kegunaan alkana, alkena, alkuna
1.   Peserta didik dapat meng golongkan senyawa hidrokarbon.
2.    Peserta didik dapat mem beri nama pada senyawa yang diberikan.
3.       Peserta didik dapat menyebutkan kegunaan senyawa hidrokarbon
3
Reaksi redoks
7.5%
Pemahaman tentang konsep oksidasi, reduksi dan persamaan reaksi redoks.
Peserta didik dapat menyelesaikan persamaan reaksi kimia redoks berdasarkan data perubahan bilangan oksidasi dan ada tidaknya electron yang terlibat
4
Kimia unsur
5%
1.       Sifat keperiodikan unsur dalam tabel system periodic.
2.       Golongan dan perioda.
3.       Kegunaan unsur-unsur  dalam kehidupan sehari-hari.
1.       Peserta didik dapat menyebutkan beberapa sifat keperiodikan unsur dari sistem periodik.
2.       Peserta didik dapat menyebutkan golongan dan atau perioda unsur yang diberikan.
3.       Peserta didik dapat menyebutkan beberapa kegunaan unsur dalam kehidupan sehari-hari
5
Asam basa
7.5%
Konsep asam basa menurut beberapa teori.
Peserta didik dapat mengindentifikasika   asam basa suatu larutan dengan menentukan sifat larutan.

6
pH larutan
15%
Perhitungan pH larutan dan yang hal-hal yang berhubungan dengan pH larutan.
Peserta didik dapat menghitung pH  larutan dan menyelesaikan soal-soal lainnya yang berhubungan  dengan pH berbagai macam 5%larutan.
7
Kecepatan reaksi
5%
1.       Laju reaksi dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.
2.       Orde dan kecepatan reaksi.
1.       Diberikan gambar atau data yang  berkaitan dengan laju reaksi, Peserta didik dapat menentukan faktor-faktor yang mempe-ngaruhi  laju reaksi .
2.       Diberikan data hasil percobaan laju  reaksi , Peserta didik dapat menghitung orde reaksi  dan persamaan laju reaksi.
8
Kesetimbangan kimia
5%
1.       Faktor-faktor yang mem pengaruhi pergeseran ke-setimbangan reaksi.
2.       Menentukan hubungan   kuantitatif antara pereaksi dan hasil reaksi dari suatu reaksi kesetimbangan.

1.      Peserta didik dapat menentukan arah reaksi kesetimbangan berdasarakan data konsentrasi, suhu, tekanan dan wujud materi.
2.      Peserta didik dapat menjalaskan factor-faktor yang mem pengaruhi kese-timbangan


9
Konfigurasi elektron
10%
Konfigurasi atom menurut model K,L,M,N dan menurut model s,p,d,f,
Peserta didik dapat menentukan konfigurasi electron dari suatu unsur.
10
Elektrolisis dan sel volta
5%
Menghitung sel volta, menghitung hasil reaksi redoks dari suatu sel elktrolisis dan hokum Faraday
1. Peserta didik dapat menghitung potensial suatu sel elektrolisis atau volta.
2.     Dapat menuliskan reaksi redoks dari suatu sel volta atau elektrolisis.
3. Dapat menggunakan Hukum Faraday.
11
Analisis secara volumetri
5%
Menentukan konsentrasi/kadar suatu unsur/ senyawa-senyawa secara volumetri
Peserta didik dapat menentukan kadar senyawa berdasarkan data persamaan reaksi, berat zar, AR, volume, dan konsentrasi larutan
12
Analisis secara gravimetri
5%
Menentukan kadar suatu unsur/ senyawa-senyawa gravimetric.
Peserta didik dapat menentukan kadar senyawa berdasarkan data persamaan reaksi, berat zar, dan AR,